Pages

Senin, 08 September 2014

Pengumuman Hasil Seleksi Pengajuan Proposal KKCTBN 2014

           Salah satu sarana untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa adalah penyelenggaraan kontes kapal cepat dalam bentuk prototipe. Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2014 (KKCTBN 2014) atau (ROBOBOAT 2014), adalah kontes yang diselenggarakan untuk menguji kreativitas mahasiswa dalam mendesain badan kapal, menetapkan prinsip engine matching dan merancang sistem otomasinya. Sistem penilaian kontes diberikan berdasarkan penguasaan medan atau lintasan yang dilalui oleh kapal. Kegiatan kontes KKCTBN 2014 terbagi atas tiga katagori lomba : 1) Kapal Autonomous dengan sensor identifikasi warna, 2) Kapal cepat dengan sistem manual (Electric Remote Control), dan 3) Kapal cepat Fuel Engine (Engine Remote Control). Perbedaan penting dari ketiga kategori tersebut terletak pada sistem otomasinya.

           Mengingat pentingnya program tersebut, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada MasyarakatDIKTI (DIT LITABMAS DIKTI) memberikan kepercayaan kepada Universitas Indonesia untuk melaksanakan kegiatan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2014 (ROBOBOAT 2014). Kegiatan kontes tersebut berlokasi di Kampus Universitas Indonesia, Depok. Penyelenggaraan even KKCTBN 2014 ini merupakan even kali ketiga di Indonesia. KKCTBN pertama dilangsungkan pada tahun 2012 di pantai Kartini Jepara, Jawa Tengah dengan Universitas Diponegoro sebagai panitia penyelenggaranya. Tahun 2013 adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang menjadi penyelenggaya kontes ini dengan lokasi kontes di Pantai Camplong, Madura. Banyak pengalaman berharga yang diambil dari kedua pengelenggaraan sebelumnya guna peningkatan kualitas penyelenggaraan KKCTBN 2014 ini.

           DIT LITABMAS DIKTI mewakili seluruh pihak yang mendukung kegiatan kontes KKCTBN 2014, mengundang partisipasi mahasiswa dan mengharapkan dukungan perguruan tinggi untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Harapan kami kontes KKCTBN 2014 dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa, masyarakat dan bangsa.

           Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2014 (KKCTBN 2013) atau (Roboboat 2014), adalah kontes yang diselenggarakan untuk menguji kreativitas mahasiswa dalam mendesain badan kapal, menetapkan prinsip engine matching dan merancang sistem otomasinya. Sistem penilaian kontes diberikan berdasarkan penguasaan medan atau lintasan yang dilalui oleh kapal. Kegiatan kontes KKCTBN 2014 terbagi atas tiga kategori lomba :

1) Kapal Autonomous (Otomatis/Sensor),
2) Kapal cepat dengan sistem manual (Remote Control), dan
3) Kapal cepat Fuel Engine (Manual System). Perbedaan penting dari ketiga kategori tersebut terletak pada sistem otomasinya dan tantangan yang harus diselesaikan.

[click here] Pengumuman Hasil Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTB) ke-3 tahun 2014

0 komentar:

Posting Komentar